Senin, 04 April 2011

Data Mining

Definisi data mining berdasarkan [JK06] adalah proses mengekstraksi pola-pola yang menarik (tidak remeh-temeh, implisit, belum diketahui sebelumnya, dan berpotensi untuk bermanfaat) dari data yang berukuran besar. Ada beberapa istilah yang mempunyai kemiripan dengan data mining, yaitu ekstraksi pengetahuan, analisis pola, pengerukan data, dan lain-lain. Ada yang berpendapat data mining merupakan sinonim dari istilah knowledge discovery in database (KDD).
Data mining muncul berdasarkan fakta bahwa pertumbuhan data yang sangat pesat, tetapi miskin dengan pengetahuan. Alasan memilih data mining dibanding analisis data secara tradisional adalah :
a. data mining mampu menangani jumlah data kecil sampai data yang berukuran terabyte,
b. mampu menangani data yang mempunyai banyak dimensi, yaitu puluhan sampai ribuan dimensi,
c. mampu menangani data dengan kompleksitas yang tinggi, misalnya data stream, data sensor, data spasial, teks, data web, dan lain-lain.
Data mining mempunyai potensi diterapkan untuk keperluan analisis data dan pengambilan keputusan. Contoh aplikasinya adalah analisis dan manajemen pasar, text mining dan web mining, stream data mining, analisis bioinformatika dan biodata, dan lain-lain.
SUMBER : http://hildaw.wordpress.com

1 komentar: