Senin, 04 April 2011

Online Marketing Strategy - Niche Market

Niche market merupakan salah satu strategi yang dilakukan pebisnis dunia maya untuk memperluas keuntungan.
Biasanya, para pebisnis online menggunakan strategi niche market dalam bentuk blog, yang disebut sebagai blog niche.
Penggunaan blog untuk strategi tersebut karena media blog tersedia gratis (terutama jika baru memulai bisnis di dunia maya).
Selain blog yang tersedia cuma-cuma, pengguna internet dapat mengaplikasikan blog niche market secepat mungkin.
Hal tersebut dikarenakan pembuatan blog yang tidak memakan waktu lama bahkan tidak perlu berlatar belakang IT.
Meski demikian, belum banyak orang yang menggunakan blognya sebagai alat untuk niche market hal ini terlihat dari beragamnya jenis tulisan yang ada.
Sementara niche market sendiri adalah strategi yang memfokuskan suatu topik tertentu untuk segmen tertentu pula.
Dengan pengertian tersebut, dapat dikatakan niche market adalah strategi pemasaran yang ‘hanya’ mencakup bidang-bidang tertentu dalam lingkup yang kecil.
Sehingga pihak konsumen yang dituju pebisnis yang menggunakan strategi ini memang hanya konsumen dengan spesifikasi tertentu.
Dengan pengertian yang lebih mudah, niche market adalah strategi pemasaran dalam lingkup kecil seperti halnya pengusaha UMKM di dunia nyata. Meski demikian, strategi tersebut dapat menghasilkan income yang besar.
Berikut beberapa keuntungan menggunakan strategi niche market:
1. Fokus.
Keuntungan yang pertama adalah pebisnis online dapat memfokuskan alat jual mereka berupa blog niche, secara spesifik terhadap segmen pengguna internet tertentu.
Niche market memberikan keuntungan ini sehingga blog niche yang akan mudah dikenali dan diingat konsumen yang membutuhkan.
Memiliki blog yang diingat pelanggan jauh lebih menguntungkan dibandingkan blog yang terkenal tetapi tidak mudah diingat, akibat beragamnya informasi yang ada.
Menggunakan strategi niche market akan menjadikan blog niche yang anda miliki sebagai acuan para pengguna internet dengan spesifikasi tertentu. Sehingga mereka akan selalu kembali mengunjungi situs atau blog niche anda.
Di tengah beragamnya situs dan blog informasi yang ada, niche market akan memposisikan blog anda sebagai blog yang khas. Meskipun tidak tertutup kemungkinan strategi tersebut anda gunakan pada satu blog dengan kata kunci yang khas di setiap tulisan yang anda buat.
Tetapi, menjadikan blog yang unik dengan membatasi beberapa topik melalui niche blog, akan lebih memudahkan pengunjung dalam mengingat.
2. Beragam.
Manfaat kedua yang diberikan niche market terhadap bisnis yang anda jalankan adalah keragaman tulisan maupun blog yang dapat anda miliki. Dengan memberikan info yang spesifik pada setiap tulisan atau blog, akan memudahkan anda pribadi dalam menjalankan bisnis.
Semakin spesifik niche market yang anda lakukan, maka semakin luas dan beragam peluang bisnis yang dapat anda jalankan. Sehingga keuntungan yang anda dapatkan pun semakin besar.
Lebih baik memiliki saham yang banyak meski kecil dibandingkan saham besar tetapi hanya satu, bukan?
Dengan niche market anda juga melakukan investasi keamanan jangka panjang untuk pundi-pundi rupiah yang anda miliki.
Karena jika anda hanya menjalankan sebagian tulisan/blog niche yang anda miliki, anda masih bisa memiliki income dari blog/tulisan niche yang di-update tanpa menutup keseluruhan blog yang anda miliki.
3. Simple.
Praktis adalah keuntungan ketiga yang bisa anda dapatkan dari strategi niche market. Menerapkan strategi tersebut akan memudahkan pekerjaan anda karena kepraktisan tulisan pada blog niche yang anda miliki.
Selain itu, info yang praktis lebih mudah diingat oleh pengunjung situs anda, sehingga akan lebih banyak pengunjung ataupun info yang diakses dari blog niche market milik anda.
Menarik pengunjung tidak harus menunggu blog anda terkenal, cukup menggunakan strategi niche untuk menggugah minat dan ketertarikan mereka dari tulisan/blog niche anda.
Selama informasi yang anda berikan bermanfaat, maka keuntungan niche market akan segera menghampiri.

SUMBER : http://kayadaribisnisinternet.com

1 komentar:

  1. Marketing memang harus banyak strategi nya, tadi habis membaca tentang pinjaman online di
    https://suzannita.com/pinjaman-online/
    rekomendasi pinjaman online nya sudah terdaftar di ojk

    BalasHapus