Senin, 04 April 2011

Hipnotis dan Hipnoterapi

Kondisi Hypnosis adalah kondisi alami yang setiap hari dialami oleh setiap manusia. Disaat kita menjelang tidur kita melewati fase hypnosis, yaitu fase antara BETA dan DELTA.
Kondisi istirahat,tubuh dan pikiran semakin relaks, dan mengabaikan sekeliling kita. Yaitu fase ALFA dan turun ke TETA. Kondisi ini sangat nyaman meskipun dilalui dalam waktu yang relatif singkat. Saat lain adalah ketika menjelang bangun dari tidur lelap kita, dari DELTA menuju BETA kitapun kembali melewati fase hypnosis : TETA naik ke ALFA.
Bagi penggemar sinetron, umumnya para wanita. Sinetron-sinetron yang mengharukan biasanya “ditangisi” oleh penggemarnya. Mengapa bisa terjadi ? Bukankah itu hanya cerita rekaan sutradara ? Mengapa perlu ditangisi ? ITULAH KONDISI HYPNOSIS.
Kondisi dimana yang aktif dominan adalah pikiran bawah sadar kita, yang tidak menganalisa apa yang terjadi. Hypnosis adalah kondisi “mirip tidur” tetapi tidak sama dengan tidur.
Hypnosis sebagai ilmu dipelajari dengan cara yang ilmiah.
Kita dapat mengelompokkannya menjadi 2 :

* Hypnostage : adalah hipnotis panggung, dipakai sebagai entertaintment. Mempelajari bagaimana cara membuat penonton terkagum-kagum pada kemampuan kita menghipnotis dan bagaimana kita dapat menyuguhkan adegan yang lucu dan menghibur disaat subyek terhipnotis atau lebih di kenal dengan "permainan sugesti"

* Hypnoterapi : adalah bagaimana memanfaatkan hipnotis untuk keperluan terapi atas berbagai macam masalah psikis bahkan juga meringankan masalah atau sakit fisik yang diakibatkan oleh psikis. Hypnoterapi bukan hanya bermanfaat untuk orang “sakit” akan tetapi juga sangat diperlukan untuk yang sehat agar dapat lmencapai optimalisasi diri.

* Dan Hypnoterapi sendiri juga dapat dikelompokkan lagi menjadi banyak cabang hipnosis seperti : Hypnobirthing (melahirkan tanpa rasa takut dan meminimalkan rasa sakit), Hypnoslimming (menurunkan berat badan dengan cara menanamkan program ke bawah sadar supaya dapat mengontrol nafsu makannya), Hypnobeauty (bagaimana hipnotis dapat membantu menghaluskan kulit atau memperbesar payudara), Hypnosex (bagaimana hipnotis dapat membantu keharmonisan suami istri di atas ranjang), Hypnolearning (bagaimana hipnotis dapat membantu seorang anak agar dapat lebih optimal dalam belajar), dan masih banyak lagi manfaat-man hipnotis dalam kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar